Pulau Bawah Kepulauan Riau yang Menawan

Wisata Terkini Pulau Bawah di Anambas ini dimaksudkan bagi pecinta wisata bahari, karena hanya disinilah Anda bisa memperhatikan dan menikmati pemandangan alam yang luar lazim cantiknya dan adalah perpaduan antara bukit dengan pantai yang memiliki pasir putih bersih airnya malah juga jernih.

Inilah pulau tropis yang telah dinobatkan dalam urutan pertama Asia’s top five tropical island paradises dari CNN.com. Pulau Bawah menumbangkan 4 pulau tropis lainnya, adalah Koh Cang (Thailand), Langkawi (Malaysia), Teluk Halong (Vietnam), dan Similan Islands (Thailand).

Pulau Bawah adalah gugusan kepulauan di Desa Kiabu, Kecamatan Siantan Selatan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. Lokasinya di ujung selatan Kepulauan Anambas, perairan Laut China Selatan.

Gugusan Pulau Bawah terdiri dari lima pulau, adalah Bawah sebagai pulau terbesar; serta 4 pulau kecil lainnya, adalah: Sanggah, Murbah, Lidi dan Elang. Kelima pulau inilah yang membentuk laguna dengan formasi bulat memanjang layaknya sebuah danau. Keunikan serta keindahan yang dimiliki Pulau Bawah inilah yang menjadi tenaga tarik bagi pelancong terutamanya dengan kapal layar atau yacht.

Pulau Bawah memiliki perairan jenih biru muda kehijauan dengan hamparan pasir putih mengitari laguna. Dikala air sedang surut, gugusan pulau di sekitarnya seolah tampak saling tersambung oleh gundukan pasir dan karang pembatas antara air laut dalam dan di luar gugusan pulau. Anda bisa menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Bawah malah dari permukaan karena airnya yang jernih.

Aktivitas di Pulau Bawah
Pulau Bawah sangat disarankan untuk Anda yang berkeinginan menikmati wisata bahari terutamanya diving dan snorkeling. Terumbu karang dan beragam kehidupan laut yang unik di sekitarnya akan memuaskan. Walaupun di tengah lautan namun perairan di laguna Pulau Bawah cukup tenang dan cocok untuk pemula.

Kecuali diving dan snorkeling, memancing juga adalah opsi aktivitas yang menarik. Dengan menaiki kapal pompong untuk menemukan titik menangkap ikan sebagai santap malam Anda.

Anda juga bisa menghabiskan waktu di kawasan Pulau Bawah dengan berenang atau mendayung perahu kano menyambangi pulau sekitar perairannya yang tenang, trekking di pulaunya yang berbukit, menikmati serta mengabadikan lansekap laguna dari atas bukit.

Pulau ini malah cocok untuk bersantai sambil berjemur dan berjalan-jalan menelusuri pantai serta pulau-pulau saat air sedang surut sambil menunggu saat Surya terbenam.

Leave a Reply