Berburu Kerajinan Khas Toraja

Kerajinan tangan merupakan salah satu bentuk kearifan lokal yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat setempat. Begitu pula tana toraja yang memiliki bentuk kerajinan khas toraja yang benar-benar layak dijadikan cinderamata ketika Anda mengunjungi toraja. Kerajinan ini dibuat langsung oleh masyarakat setempat yang memang masih sangat tradisional. Kerajinan tersebut dibuat langsung secara tradisional oleh masyarakat setempat. Sehingga wajar apabila kerajinan ini menjadi salah satu komoditas yang sangat wajib untuk dibawa pulang ketika Anda habis berkunjung ke tana toraja. Hal ini tentu saja menjadi salah satu alasan menarik mengapa Anda wajib berkunjung ke toraja dan berburu cinderamata khas yang bisa Anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan.
Berikut adalah kerajinan khas toraja yang bisa Anda bawa pulang

• Miniatur rumah adat. Salah satu bentuk kerajinan tangan khas tana toraja adalah miniatur rumah adat. Miniatur rumah adat ini dibuat secara tradisonal menggunakan bahan-bahan khusus. Bentuk dan juga detail dari miniatur rumah ini sangat mirip dengan aslinya. Tentu saja kemiripan inilah yang menjadikan miniatur rumah ini menjadi salah satu komoditas perdagangan yang sangat laku dijadikan oleh-oleh selepas kunjungan ke tana toraja. Rumah adat dalam bentuk mini ini yang menjadikan salah satu kunjungan Anda ke toraja menjadi semakin istimewa. Kenang-kenangan paling dekat dengan toraja yang bisa Anda bawa pulang.

• Parang khas toraja. Parang merupakan senjata andalan masyarakat toraja. Jika pada jaman penjajahan, parang lebih sering digunakan sebagai senjata andalan, namun pada masa sekarang ini parang lebih banyak digunakan sebagai alat pertanian. Mengingat pekerjaan masayarakat setempat adalah petani yang berada di wilayah pegunungan, maka parang bisa menjadi salah satu alat utama ketika bercocok tanam. Parang juga menandakan status sosial dari masyarakat. Cinderamata berupa parang ini dibanderol denagn harga yang cukup bervariasi. Ada ukuran yang kecil hingga ukuran yang besar. Harganya sekitar 150 ribu hingga 750 ribu rupiah. Parang toraja ini memiliki ukiran yang sangat khas. Dibuat dengan sangat halus serta menandakan bahwa parang ini memang senjata andalan yang menandakan status sosial.

kerajinan khas toraja ini cukup banyak. Selain kedua barang di atas, Anda bisa membawa pulag=ng cinderamata lainnya yaitu baju khas toraja. Baju khas toraja ini dihargai cukup bervariasi tergantung dengan motif dan juga kerumitan membuatnya. Harganya mulai dari 50 ribu rupiah sampai ratusan ribu rupiah. Bagi Anda yang ingin membagikannya ke sanak keluarga, maka Anda sangat disarankan untuk membeli baju toraja ini sebagai kenang-kenangan kunjungan Anda ke toraja exploretoraja.com. Tentu saja bukan tanpa alasan, jika Anda membeli dalam jumlah yang lebih banyak,maka harga yang harus Anda bayarkan untuk satu baju akan lebih hemat.

Leave a Reply