Wow! 5 Langkah Capai Beasiswa Ke Luar Negeri Walaupun Nilai Pas-Pasan

Meneruskan pendidikan diluar negeri mungkin saja yang diimpikan kebanyakan orang. Siapa yang tidak ingin mengenyam pendidikan berkwalitas dengan iming-iming hari esok cerah sesudahnya? Lepas dari semua kesusahan jadi mahasiswa diluar negeri, pasti banyak yang mengharapkan bisa belajar di negeri terkecuali tanah air. Diluar itu pelajari kultur yang sekalipun berlainan dapat jadi daya tarik sendiri.

Sayangnya banyak juga yang berasumsi hal semacam ini jadi yang diimpikan yang tidak mungkin hingga mengubur mimpi bahkan juga sebelumnya cobanya. Terlebih bila lihat jejeran nilai yang perasaan kok umum saja. Tengah asik scrolling instragram, mendadak lihat tulisan rekan yang tengah ambil studi di Jepang dengan latar gunung Fuji atau rekan beda yang tengah berpose ramai-ramai dimuka Menara Pisa.

Sempatkah terbayang bagaimana bila kita yang ada dalam tempat mereka? Belajar dengan mahasiswa beda dari beragam belahan dunia, lihat dunia bukan sekedar dari Indonesia. AAh, memangnya dapat?

Namun, tunggulah dahulu! Kata siapa cuma murid bernilai hampir prima yang dapat memperoleh beasiswa luar negeri? Nilai akademis memanglah perlu, jadi bila waktu studimu masih tetap berjalan, janganlah sia-siakan semangat belajarmu yang masih tetap menggelora itu.

Tetapi bila nilaimu telah terlanjur ada, bukanlah bermakna peluang memperoleh beasiswa melayang-layang demikian saja. Janganlah dahulu berkecil hati, 5 Langkah berikut ini bisa kamu ikuti untuk mencapai beasiswa ke luar negeri walaupun nilaimu pas-pasan.

1. Riset : Baca Minimum 20 Info Tentang Beasiswa Tiap-tiap Harinya

Sebelumnya membuat kiat, perlu untuk lakukan penelitian terlebih dulu. Ada banyak instansi penyedia beasiswa dengan beragam maksud kampus. Cari info serta banding kriteria yang ada. Tidak semuanya penyedia beasiswa jadikan nilai jadi prasyarat paling utama lho. Janganlah lupa untuk mencari info beasiswa yang disiapkan dari sekolah atau kampusmu.

Walau begitu gampang dibuka, internet tidaklah hanya satu sumber info. Jalin komunikasi yang baik dengan beberapa rekanmu yang tengah kuliah diluar negeri juga tidak kalah perlunya. Kadang-kadang ada info beasiswa yang cuma di ketahui oleh mahasiswa setempat.

Diluar itu janganlah sungkan untuk ajukan pertanyaan pada pengajar di sekolahmu. Bila ada gurumu yang sudah meneruskan pendidikan diluar negeri, mereka tentu dengan suka hati membagikan panduan serta trick pada murid-muridnya.

2. Perkeren Dirimu dengan Jadi Sukarelawan atau Ikut serta dalam Organisasi

Prestasi tidak terus-terusan berkaitan dengan nilai akademis. Jadi bila nilai akademismu kurang oke, waktunya tingkatkan prestasi di bagian yang beda. Janganlah malas untuk melibatkan diri dengan aktivitas organisasi baik didalam ataupun diluar sekolah.

Terkecuali organisasi, kamu juga dapat berperan dengan sosial dengan jadi relawan. Sebagian penyedia beasiswa, seperti Fullbright Amerika Serikat, malah lebih melirik calon dengan trek record di aktivitas sosial.

Tunjukkan dirimu bisa mengubah positif untuk orang-orang. Mengubah tidaklah perlu lakukan hal super besar yang menggunakan banyak cost. Buka taman baca dirumah supaya anak-anak di lingkunganmu jadi suka membaca juga dapat jadi perubahan yang beresiko positif, bagimu ataupun orang yang lain.

3. Tulislah Motivation Letter yang Jual Skillmu

Motivation letter adalah esai singkat yang bercerita siapa dirimu serta yang terutama argumenmu meneruskan studi di negara itu. Dokumen ini adalah dokumen pendukung aplikasi beasiswa yang perlu dalam mengajukan aplikasi beasiswa. Janganlah menyepelekan kemampuan motivation letter karna dokumen ini terkecuali jadi pertimbangan pemberi beasiswa, selalu diliat sampai bagian selanjutnya seperti pada tes wawancara.

Sebelumnya mulai membuat motivation letter, siapkan saat spesial untuk membuat inspirasi serta rencana tulisan supaya lebih masak. Hal perlu yang butuh diikutkan dalam motivation letter yaitu perolehan terbaikmu. Perolehan paling baik tidak terbatas pada penghargaan semata, dapat pula hal yang sudah memengaruhi kehidupanmu. Ingat juga untuk tonjolkan kompetensi yang kamu punyai serta bagaimana kamu dapat mengembangkankannya.

Tiap-tiap orang tentu sempat alami keadaan susah, terangkan juga caramu berjuang sampai pada akhirnya dapat menangani halangan yang kamu hadapi. Diluar itu, janganlah lupa terangkan yang diimpikan hari esok yang kamu berharap serta bagaimana kamu akan meraihnya.

4. Siapkan Surat Referensi yang Dapat Menanggung Performamu

Terkecuali Motivation Letter, kamu juga butuh memakai surat referensi untuk ‘menjual diri. ’ Seringkali penyedia beasiswa menghubungi pemberi referensi untuk ketahui rekam jejakmu. Cari pengajar atau orang yang mempunyai kredibilitas pada bagiannya, yang ketahui kekuatan serta kepribadianmu dengan positif.

Bila sangat mungkin, katakan mimpi, visi, serta keinginanmu pada pemberi referensi. Yang paling perlu, hati-hati dalam berlaku waktu memohonnya, untuk memperoleh surat referensi yang baik serta kuat.

5. Jika Tidak berhasil, Katakan Pada Dirimu : Belum juga Waktunya Menyerah!

Cobalah tanyakanlah pada kenalanmu yang sempat kuliah diluar negeri mengenai perjalanannya. Sekurang-kurangnya 1x, mereka tentu sempat alami kegagalan sebelumnya pada akhirnya menjangkau maksud yang mereka punyai. Satu diantara hal yang membuat mereka berhasil yaitu mereka tidak berhenti berjuang.

Jadi bila mengajukan beasiswamu tidak diterima, janganlah putus harapan dahulu. Selekasnya kerjakan pelajari pada kekeliruan yang mungkin saja kamu kerjakan. Janganlah sangsi untuk memohon pertolongan beberapa rekanmu untuk lakukan persiapan kembali seperti latihan wawancara.

Ingat motivasi awal kenapa kamu menginginkan meneruskan studi diluar negeri serta kumpulkan kembali semangatmu karna belum juga waktunya menyerah!

It’s hard to beat a person who never gives up.
(Babe Ruth)

Leave a Reply