Pahami Maksud Majas Perbandingan Beserta Contohnya

Majas perbandingan adalah salah satu jenis gaya bahasa yang sering digunakan orang untuk menyampaikan makna perbandingan dengan lebih menambahkan kesan pada pendengarnya. Perbandingan yang dimaksud bisa jadi perbandingan yang bertentangan atau pun seperti membandingkan dua hal yang mirip. Untuk lebih memahami penggunaan gaya bahasa ini, anda bisa ikuti materi singkat berikut ini terutama bahas jenis dan contohnya. Yang pertama adalah jenis asosiasi . gaya bahasa ini lebih dikenal sebagai perumpamaan sehingga dalam penggunaannya akan ada penambahan kata seperti bak, bagai, dan bagaikan. Contohnya, raut wajahnya suram bagai mendung hitam sebelum hujan.

Jenis gaya bahasa selanjutnya yaitu metafora. Gaya bahasa ini juga digunakan untuk membandingkan bedanya hanya dengan menggunakan cara analogis untuk menggambarkan sesuatu. Misalnya, Mirna selalu jadi bintang kelas semasa duduk di bangku Sekolah Dasar. Kata bintang kelas disini berarti juara kelas, sehingga bisa anda ketahui cara pakai gaya bahasa metafora ini. Selanjutnya adalah personifikasi. Perbandingan dengan menggunakan benda mati ini sering juga digunakan seolah memberi kesan yang lebih saat kita menggunakannya. Sebagai contoh, api itu terus berkobar dan melahap semua rumah warga yang terbuat dari kayu. Alegori juga menjadi jenis gaya bahasa perbandingan yang menggunakan simbol untuk menggambarkan pesan. Sebagai contoh, saat orang lain menjadi api permasalahan maka kita bisa mencoba menjadi air untuk meredamnya. Contoh tersebut menggambarkan pesan yang saling bertautan.

Mirip dengan alegori, gaya bahasa simbolik memang secara literal menjadi perbandingan untuk benda mati atau pun hewan. Misalnya, dia dikenal sebagai lintah darat yang menyusahkan hidup banyak orang. Gaya bahasa selanjutnya adalah metonimia. Gaya bahasa ini menggunakan ciri suatu benda untuk menggambarkan perbandingan yang ada. Sebagai contohnya, ibuku selalu menggunakan segitiga biru untuk membuat kue yang enak. Maksud dari segitiga biru ini adalah produk terigu sehingga bisa disebut sebagai gaya bahasa metonimia. Jadi itulah jenis dan contoh dari Majas perbandingan yang bisa anda pelajari dengan lebih singkat.

Leave a Reply