Doa Setelah Sholat Witir Dan Artinya Sesuai Sunnah

Sholat sunnah menjadi salah satu ibadah yang sering kita dengar, meski begitu tidak banyak orang yang melakukan ibadah ini.

Namun meski sunnah, bukan berarti anda bisa meninggalkan ibadah sholat sunnah. Karena ada banyak sekali manfaat dan keistimewaan yang kita dapatkan jika mengerjakan ibadah sholat sunnah ini. Apalagi ada banyak sholat sunnah yang bisa dikerjakan dan menjadi ladang pahala untuk kita. Salah satunya adalah sholat sunnah witir.

Sholat sunnah witir adalah sholat sunnah yang dikerjakan di malam hari dengan jumlah rakaat yang tidak dibatasi asal jumlahnya ganjil. Waktu sholat ini dimulai setelah sholat isya dan berakhir hingga menjelang waktu shubuh, dan itulah alasan kenapa sholat witir disebut sebagai sholat penutup malam. Sama seperti ibadah sholat sunnah lainnya, anda juga harus membaca doa setelah sholat witir agar ibadah anda sempurna. Bagi anda yang ingin sholat witir, yuk simak waktu terbaik mengerjakannya!

  • Waktu sholat witir dimulai setelah waktu sholat isya atau setelah anda selesai sholat isya dan bersiap akan tidur. Sebelum tidur, anda bisa sholat witir. Dari Abdullah bin Amr bin Al-Ash radhiyallahu ‘anhu dari Abu Bashrah Al-Ghifari radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, Beliau bersabda,”Sesungguhnya Allah Subhanahu wata’ala menambah kepada kalian satu shalat yaitu witir maka kerjakanlah ia pada waktu antara shalat Isya’ hingga shalat shubuh.” (HR Ahmad)
  • Namun jika ternyata anda bisa bangun di sepertiga malam atau akhir malam, anda bisa mengerjakan sholat witir di akhir malam. Dari Jarir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
    Barangsiapa yang yakin dapat bangun malam, maka shalat witirlah pada akhir malam, sebab bacaan pada akhir malam itu dihadiri (oleh para malaikat) dan itu lebih baik.” (HR Muslim)

Sholat witir memang merupakan ibadah sholat sunnah, namun sholat witir ini memiliki banyak sekali keutamaan apalagi jika anda mengerjakannya di akhir malam. Salah satunya adalah membuat doa anda terkabul!

Leave a Reply