3 Contoh Alat Kesehatan Elektromedik

Contoh alat kesehatan elektromedik yang ada di Rumah Sakit dan Klinik cukup banyak. Bahkan hampir di semua rumah sakit dan klinik memiliki alat ini, walaupun hanya satu atau dua macam saja. Sudah tahukah anda apa itu alat Elektromedik ? Yuk baca selengkapnya di sini.

Elektromedik

alat kesehatan elektromedik

Istilah Elektromedik berasal dari dua suku kata ini Electronic dan Medic. Electronic atau Elektronik merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan listrik. Sedangkan Medic adalah istilah untuk medis atau kesehatan. Sehingga Elektromedik dapat kita katakan, semua alat – alat kesehatan yang berhubungan dengan listrik atau elektronik.

Contoh Alat Kesehatan Elektromedik

Ada banyak contoh alat kesehatan elektromedik yang ada di rumah sakit atau klinik. Berikut kita berikan 3 contoh alat tersebut.

1. Patient Monitor

Patient Monitor atau monitor pasien merupakan satu alat medis yang berfungsi untuk memonitor kesehatan pasien. Biasanya, pasien yang sedang dirawat di ICU akan mendapatkan perawatan yang super intensif. Dengan alat patient monitor ini, perawat atau doketer dengan mudah mengamati beberapa parameter kesehatan fisik pasien seperti aritma jantung, tekanan darah, kadar oksigen dalam darah dan lainnya.

2. Defibrillator

Defibrillator adalah alat medis yang berfungsi untuk memberikan stimulus energi listrik pada jantung seorang pasien yang sedang mengalami henti jantung. Alat ini jelas termasuk dalam golongan alat elektromedik karena berhubungan dengan listrik. Energi listrik dengan jumlah tertentu yang disalurkan melalui elektroda di dada pasien akan membuat jantung terkejut sehingga akan memulai detaknya kembali secara normal.

Harga Defibrillator cukup variatif, dan apabila anda atau rumah sakit anda memutuhkan alat ini. Bisa kunjungi distributor alat kesehatan yang jual Defibrillator dengan berbagai macam model dan jenis. Umumnya ada dua jenis Defibrillator. Yaitu AED (otomatis) dan Defibrillator manual.

3. EKG

Contoh alat kesehatan elektromedik selanjutnya yaitu EKG. EKG (Elektrokardiograf) merupakan alat medis yang berfungsi untuk menganalisa adanya kelainan jantung. Khususnya pada aritma jantung. Alat ini juga menggunakan banyak perangkat elektronik karena di sini EKG menggunakan elektroda yang ditempelkan ke dada pasien untuk menghasilkan impuls listrik dari detak jantung pasien. Kemudian impuls tersebut direkam di dalam mesin EKG dan kemudian dicetak dalam bentuk grafik tegangan tegangan dalam waktu tertentu. Harga alat ini cukup terjangkau sehingga kebanyakan rumah sakit dan klinik memilikinya.

Leave a Reply