Cara Alami Mengatasi Batuk Berdahak Pada Dewasa

Batuk sebenarnya merupakan salah satu respon yang bermanfaat bagi tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang masuk pada saluran napas. Namun, batuk yang berlebihan juga akan sangat mengganggu dan membuat aktivitas kita menjadi tidak nyaman. Oleh karena itu, mari kita ketahui cara mengobati batuk berdahak pada dewasa dengan baik. Batuk berdahak adalah respon batuk yang diikuti dengan keluarnya sekret atau dahak. Dahak dapat muncul secara berlebihan akibat adanya suatu infeksi lapisan lendir pada sistem pernapasan.

Batuk berdahak akut bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang masuk ke dalam saluran napas. Sejumlah penyakit yang disertai gejala batuk berdahak akibat infeksi virus antara lain seperti Tuberculosis (TBC), Bronkitis, Influenza (Flu), Emfisema, Empiema, dan Efusi Pleura.

Berikut ini kami bagikan sejumlah cara mengatasi batuk berdahak dengan alami untuk orang dewasa:

  1. Ramuan Daun Sirih dan Jahe

Daun sirih dan jahe merupakan sejenis tumbuhan yang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Salah satunya ialah untuk meredakan batuk berdahak yang kita alami. Daun sirih sendiri memiliki kandungan berupa antiseptic yang dapat dimanfaatkan untuk membunuh kuman maupun bakteri yang ada pada saluran pernapasan.

Sedangkan jahe bermanfaat memberikan rasa hangat di dalam tubuh dan melegakan tenggorokan saat kita mengalami batuk. Obat batuk anak atau dewasa ini sangat efektif dalam meredakan batuk berdahak pada orang dewasa.

  1. Menggunakan Jeruk Nipis, Madu dan Kecap

Jeruk nipis merupakan obat yang manjur untuk mengobati batuk berdahak. Sedangkan madu dan kecap adalah obat tradisional yang sudah digunakan sejak lama oleh nenek moyang kita untuk menyembuhkan batuk berdahak. Cara-cara tradisional ini sudah terbukti secara klinis sebagai cara mengobati batuk berdahak pada ibu hamil, anak, hingga orang dewasa yang aman dan teruji.

  1. Kunyit dan Madu

Penggunaan kunyit dan madu juga sangat efektif dalam meredakan batuk berdahak. Cara membuatnya sangat mudah, cukup mencampurkan kedua bahan tersebut pada segelas air lalu diminum selama 2-3 kali sehari hingga batuk berdahak benar-benar sembuh.

Ramuan kunyit dan madu juga menjadi salah satu cara mengobati batuk berdahak pada dewasa yang sudah terbukti keampuhannya.

Leave a Reply