Berapa Karbohidrat yang Aman bagi Penderita Diabetes?

Data dokter – Banyak elemen yang bisa memengaruhi kadar gula darah Anda. Melainkan, salah satu elemen yang paling berimbas yakni macam dan jumlah makanan yang Anda makan. Makanan yang mengandung karbohidrat (lebih-lebih) memiliki imbas yang besar pada kadar gula darah. Untuk itu, para penderita direkomendasikan untuk mengontrol asupan karbohidratnya. Berapa banyak karbohidrat untuk penderita diabetes yang patut dikonsumsi?

Bagaimana karbohidrat memengaruhi gula darah Anda
dikutip dari info kesehatan, Karbohidrat dalam tubuh akan dipecah menjadi glukosa atau gula, yang kemudian akan diubah menjadi daya utama oleh tubuh. Pengerjaan ini dibantu oleh hormon insulin. Melainkan, pada penderita diabetes, hormon insulin tak berprofesi dengan bagus sehingga cuma sedikit glukosa yang sanggup diubah menjadi daya. Akhirnya, glukosa dalam darah atau gula darah menjadi meningkat.

Meskipun ini kenapa karbohidrat amat terkait dengan diabetes. Dikala penderita diabetes mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat atau tinggi gula, kadar gula darahnya dapat segera naik. Makanan tinggi karbohidrat membikin tubuh perlu untuk menciptakan lebih banyak insulin supaya gula darah terkontrol. Melainkan, pada penderita diabetes, pengerjaan ini telah terganggu. Mereka tak sanggup menciptakan insulin dalam jumlah banyak atau insulin tak sanggup merubah glukosa menjadi daya dengan tepat sasaran.

Berapa banyak karbohidrat untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi?
Memegang asupan karbohidrat pada penderita diabetes rupanya bisa menolong memegang kadar gula darah. Tetapi, bukan berarti hal ini membikin penderita diabetes cuma boleh mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah amat sedikit atau malahan semestinya menghindari banyak makanan.

Mengkonsumsi karbohidrat hingga batas tertentu masih dapat Anda lakukan. Sebuah penelitian menonjolkan bahwa asupan karbohidrat sebesar 20-150 gram per hari atau sebesar 5-35% karbohidrat dari asupan kalori sempurna bisa menolong penderita diabetes dalam memegang gula darahnya.

Meskipun, American Diabetes Association memberi anjuran karbohidrat untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi yakni sekitar 45-60 gram per kali makan, atau sebesar 135-180 gram karbohidrat per hari. Diet rendah karbohidrat mungkin menolong Anda dalam memegang asupan karbohidrat ini.

Pada lazimnya, segala makanan sumber karbohidrat bisa meningkatkan kadar gula darah. Melainkan, seberapa besar makanan hal yang demikian bisa meningkatkan kadar gula darah Anda lebih banyak bisa berbeda-beda tiap-tiap makanan. Untuk itu, Anda perlu mengenal makanan sumber karbohidrat apa saja yang masih dapat Anda makan dalam jumlah banyak dan yang semestinya Anda batasi.

Apa saja makanan sumber karbohidrat yang boleh dikonsumsi?
Biasanya, beberapa besar makanan yang Anda makan tiap-tiap hari mengandung karbohidrat, melainkan mungkin Anda tak menyadarinya. Terdapat dua macam karbohidrat dalam makanan, merupakan karbohidrat simpel dan karbohidrat rumit.

Makanan yang mengandung karbohidrat simpel sebaiknya Anda kurangi konsumsinya. Meskipun ini sebab karbohidrat simpel lebih gampang dipecah oleh tubuh sehingga lebih sanggup membikin kadar gula darah Anda naik dengan pesat.

Meskipun, karbohidrat rumit justru sebaiknya Anda perbanyak asupannya. Karbohidrat rumit mengandung serat dan relatif mengandung gula rendah. Sehingga, karbohidrat macam ini lebih sanggup menolong Anda dalam memegang gula darah. Dengan semacam itu, Anda dapat memenuhi keperluan karbohidrat Anda dari karbohidrat macam ini.

Kudapan makanan sumber karbohidrat simpel yang semestinya Anda batasi atau hindari yakni:

Makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi
Meskipun, kukis, roti tawar, donat, muffin, pretzel, kudapan manis kering
Makanan yang terbuat dari tepung terigu
Buah-buahan kaleng
Minuman manis, seperti minuman teh dalam kemasan, minuman bersoda
Es krim, permen, dan coklat
Meskipun, model makanan sumber karbohidrat rumit yang dapat Anda konsumsi yakni:

Sayuran
Buah-buahan
Biji-bijian utuh, seperti nasi merah, oatmeal, roti gandum
Kacang-kacangan

Leave a Reply