Mari Mengenal Alat Kesehatan Laboratorium Klinik & Rumah Sakit

Ada banyak sekali macam dan jenis alat kesehatan laboratorium klinik di Rumah Sakit. Terdapat juga alat – alat yang khusus hanya untuk medis dan ada juga alat yang secara umum digunakan  di berbagai laboratorium pada umumnya. Pada kesempatan ini penulis ingin mengajak pembaca sekalian untuk mendalami bahasan ini dengan mempelajari beberapa macam dan contoh alat laboratorium medis yang ada di Rumah Sakit berikut beberapa penjelasannya.

Contoh Alat Kesehatan Laboratorium Klinik

alat kesehatan laboratorium klinik

1. Chemistry Analyzer

Alat ini merupakan satu alat yang khusus tidak digunakan di laboratorium lain selain laboratorium medis. Karena alat ini berfungsi untuk menganalisa kandungan unsur – unsur kimia yang ada di dalam darah manusia. Alat ini menggunakan sample darah berupa serum yang diproses dari darah yang diambil langsung dari pasien. Harga Chemistry Analyzer memang cukup mahal, namun bila kita nilai dari segi fungsinya yang efektif dan sangat memudahkan manusia, saya kita cukup sebanding.

2. Mikroskop

Jenis alat kesehatan laboratorium klinik yang biasanya digunakan adalah Mikroskop. Alat ini termasuk alat laboratorum yang umum dan digunakan di hampir seluruh macam dan jenis laboratorium. Alat ini berfungsi untuk mengamati benda – benda yang tidak bisa tampak oleh mata secara langsung. Di laboratorium medis, mikroskop digunakan untuk meneliti bentuk sel – sel darah yang mungkin mengalami perubahan karena penyakit tertentu.

3. Urine Analyzer

Alat seperti ini juga secara khusus digunakan di laboratorium klinis rumah sakit atau milik instansi lainnya. Alat ini bertugas untuk memeriksa sample urine dari pasien yang diperiksa. Di dalam urin atau sisa metabolisme tubuh, terdapat banyak zat – zat yang bisa digunakan untuk analisa penyakit yang di derita pasien seperti gangguan ginjal, gula darah dan lainnya.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai beberapa macam alat kesehatan laboratorium klinik yang bisa saya sampaikan kepada pembaca, semoga apa yang sudah kita pelajari bisa bermanfaat untuk anda sekalian. Jangan lupa update terus informasi menarik tentang berbagai hal di blog ini.

Leave a Reply