Doa Nabi Yunus Saat Dalam Perut Ikan

Nabi Yunus AS adalah salah satu nabi dalam agama islam. Biasanya kita mengenal nabi atau rosul dari kisah hidupnya, dan nabi Yunus AS ini dikenal dengan kisahnya yang ditelan oleh ikan paus selama 40 hari, 40 malam.

Di dalam perut ikan tersebut, nabi Yunus AS dasar akan kesalahannya meninggalkan kaumnya begitu saja, tanpa ada perintah dari Allah SWT. Nabi Yunus AS pun berdoa, doa nabi yunus dalam perut ikan adalah meminta ampunan pada Allah SWT hingga Allah SWT pun mengampuninya dan mengeluarkannya dari perut ikan paus. Bahkan selain mengabulkan doa nabi Yunus AS, Allah SWT juga menolongnya dengan menumbuhkan buah labu agar nabi Yunus AS tidak kelaparan.

Dari kisah diatas, ada banyak hal yang bisa kita ambil sebagai pelajaran. Dan berikut ini hikmah atas kisah nabi yunus AS dan ikan paus.

  • Hikmah pertama adalah agar kita memperbanyak mengingat Allah SWT. Dari kisah nabi Yunus AS, Allah SWT mengingatkan manusia untuk selalu bertasbih dan memohon ampunan Allah SWT.  ”Maka, kalau sekiranya dia (Yunus) tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit.” (QS Alshaafat ayat 143-144).
  • Hikmah kedua yang bisa kita ambil adalah selalu memohon ampunan Allah SWT. Terkadang kita melakukan hal yang tanpa disadari adalah sebuah dosa besar. Untuk itu hendaknya kita selalu meminta ampunan dan kembali kepada Allah SWT. Seperti nabi Yunus AS yang selama 40 hari, 40 malam terus memohon ampunan dan meratapi kesalahannya sampai Allah SWT mengampuninya.
  • Dalam kisah nabi Yunus AS, kita juga belajar mengenai makna kesabaran. Bukan hanya dalam berdakwah namun juga dalam menghadapi cobaan. Karena sesungguhnya dibalik kesulitan ada kemudahan.

Bagi banyak orang, kisah-kisah nabi mungkin terdengar seperti dongeng pengantar tidur. Namun nabi dan rosul adalah manusia-manusia terbaik yang dikirim Allah SWT. Kisah hidup mereka menyimpan banyak teladan dan hikmah bagi kita saat ini. Semoga kisah ini bermanfaat ya!

Leave a Reply