Tahap Budidaya Ikan Paling Sukses

Tahap Budidaya Ikan Paling Sukses

Tahap Budidaya Ikan Paling Sukses

Budidaya Artemia – Artemia atau “brine shrimp” yaitu semacam udang – udangan primitif yang termasuk juga dalam filum Arthropoda, kelas Crustacea, subkelas Branchiopoda, ordo Anostraca, familia Artemiidae, ini adalah klasifikasi artemia.

Sebagian type artemia seperti, artemia franciscana, A. tunisiana, A. urmiana, A. persimilis, A. monica, A. odessensis, A. partenogenetica.

Oleh karenanya, supaya kita tidak jadi bingung sendiri, tambah baik kita namakan artemia demikian saja, tidak usah ada embel – embelnya.

Hal semacam ini untuk mempermudah Kamu dalam lakukan budidaya artemia pakan burayak ikan alami yang gampang diingat serta kita sebut.

Cara Budidaya Artemia Pakan Burayak Ikan Alami

Artemia hidup planktonic di perairan yang berkadar garam tinggi (pada 15 – 300 permil). Suhu yang diinginkan sekitar 25 – 30 derajat C, oksigen terlarut sekitaran 3 mg/l, serta pH pada 7, 3 – 8, 4.

Jadi plankton, artemia tidak dipertahankan diri pada pemangsaan musuh – musuhnya, sebab tidak memiliki alat atapun langkah untuk membela diri.

Satu – satunya langkah untuk membela diri dari musuhnya yaitu anugrah alam yang berbentuk lingkungan hidup berkadar garam tinggi. Sebab pada kandungan tinggi mangsanya tidak bisa hidup lagi.

Ukuran Artemia

Artemia dewasa bisa meraih panjang pada 1 – 2 cm dengan berat tubuh sekitaran 10 mg. Anaknya yang baru menetas (nauplis instar I) panjangnya sekitaran 0, 44 mm, dengan berat 15 mikrogram.

Untuk nauplis instar II panjangnya 0, 6 mm. Sedang nauplis instar III telah panjang 0, 7 mm. Telur yang masih tetap bercakang bergaris tengah sekitaran 300 mikron, dengan berat 3, 65 mikrogram.

Sedang telur yang sudah didekapsulasi (dibuang cakangnya) garis tengahnya sekitaran 210 mikron.

Makanan Artemia

Dengan alami, makanan artemia terbagi dalam detritus bahan organic (sisa – sisa jasad hidup yang tengah menghancur), gangang – ganggang renik (ganggang hijau, ganggang biru, Diatomae), bakteri, serta cendawan (ragi laut).

Sebagian type ganggang hijau yang seringkali dikonsumsi diantaranya Scenedesmus, Ankistrodesmus, Crucigenia, Oocystis, Phacotus, Cladophora, Dunaliella, serta trachelomonas.

Dari ganggang biru diantaranya yaitu Oscillatoria. Sedang dari kelompok Diatomae diantaranya Nitzschia, Thalassionema, Amphora, serta Navicula. Diluar itu, artemia juga sukai makan ragi laut (rhodotorula).

Artemia cuma bisa menelan makanan yang kecil – kecil, yang ukuran 50 mikron ke bawah. Jika semakin besar dari itu, artemia tidak bisa menelannya, karna langkah menelannya segera bulat – bulat.

Makanan yang bakal di telan itu dihimpun dahulu ke depan mulutnya dengan jalan menggerak – gerakkan kakinya.

Arus air yang diakibatkan oleh gerakan kaki itu bakal membawa makanan kea rah mulut, hingga artemia tinggal menelan saja.

Terkecuali untuk ambil makanan, kakinya berperan sebagai alat bergerak serta bernafas. Berikut ini yang perlu Kamu kenali sebelumnya lakukan budidaya ikan artemia supaya sukses bik dalam botol ataupun galon serta ember.

Leave a Reply