Mengapa Perusahaan Perlu Menggunakan Executive Search Consultant

Sewaktu perusahaan sedang mencari karyawan top-level, salah satu cara yang paling efektif yaitu menggunakan jasa perusahaan executive search. Konsultan headhunter ini memiliki beberapa kelebihan yang mampu menarik minat perusahaan-perusahaan yang membutuhkan kandidat yang cocok untuk posisi yang mereka tawarkan. Daripada hanya mengandalkan hrd internal perusahaan dalam mengemban tanggung jawab ini, perusahaan khususnya perusahaan besar melihat langkah menggunakan jasa di atas lebih efisien. Hal ini sangat beralasan mengingat konsultan rekrutmen yang berkualitas tentunya memiliki banyak koneksi dan kontak di beragam industri guna membantu dalam proses pencarian kandidat.

executive search

Dalam proses pencarian headhunting firm, Anda akan terkejut dengan banyaknya keuntungan atau kelebihan yang bisa mereka tawarkan, termasuk:

Konsultan “pemburu” profesional mampu menghubungi lebih banyak orang-orang yang qualified dengan skill tinggi jika dibandingkan hanya bergantung pada iklan lowongan kerja. Mereka (profesional) yang ahli dibidangnya biasanya tidak sedang mencari pekerjaan baru. Itu artinya, tanpa koneksi, mereka-mereka ini sulit ditemukan di situs lowongan kerja dan sebagainya.

Menggunakan jasa perusahaan executive search ternyata lebih hemat pada prosesnya, apalagi mengingat jumlah waktu dan tenaga yang dikerahkan departemen hrd internal hanya untuk mendapatkan kandidat yang tidak qualified.

Aspek positif lainnya yaitu perusahaan executive recruitment biasanya mampu lebih cepat menarik perhatian kandidat berpotensi. Wajar saja, sebab perusahaan konsultan ini pastinya sudah memiliki database kandidat papan atas yang sangat cocok dengan kriteria yang dicari.

Selain itu, headhunting firm mampu menjalankan proses rekrutmen lebih ketat, dari pencarian, proses wawancara, hingga akhirnya dipersembahkan kepada klien yang membutuhkan.

Jika Anda sedang mencari perusahaan rekrutmen, pastikan Anda memilih perusahaan yang sudah memiliki reputasi dalam hal mendapatkan profesional terbaik untuk penempatan pada posisi yang tepat. Aspek yang tak kalah pentingnya adalah perusahaan ini harus “dikenal” dan aktif di industri yang perusahaan Anda geluti, dan ini seharusnya bisa menjadi acuan untuk mendapatkan kandidat yang lebih tertarget. Disamping itu, ada baiknya mencari referensi dari klien-klien yang sudah pernah menggunakan jasa ini.

Tidak ada ruginya menggunakan jasa konsultan dalam mencari kandidat yang tepat untuk perusahaan. Mereka sangat ahli di bidangnya masing-masing dan oleh karenanya proses pencarian hingga penyaringan bisa lebih efektif. Oleh karena itu, jangan buang-buang waktu hanya untuk mendapatkan kandidat yang tidak berkualitas, gunakan executive search consultant!

Leave a Reply