Cara Membuka Usaha Travel agar Sukses

Cara membuka usaha travel

Cara membuka usaha travel yang baik adalah dengan memperhiungkan setiap langkah yang akan diambil, sehingga seluruh resiko kerugian dapat di tekan seminimal mungkin. Sebenarnya modal untuk memulai bisnis dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing orang. Memulai sebuah bisnis Tak harus dengan modal besar, dengan modal kecil pun bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan menggeluti bisnis travel online tanpa modal. Jika modal anda sangat minim namun ingin memulai bisnis, anda bisa memulainya dengan mendaftarkan diri menjadi agen tiket online.

Namun jika dirasa anda sudah memiliki banyak modal untuk memulai, tak ada salahnya memulai merintis menjadi sub agen travel dengan membuka kantor. Pastikan kantor anda menempati lingkungan yang strategis. Nah bagi anda yang bermodal besar, anda dapat memulai bisnis travel dengan mendirikan badan usaha resmi sebagai agen langsung dari maskapai penerbangan. Namun anda harus bersabar jika terjadi penolakan kerjasama dari pihak maskapai. Untuk lebih mudahnya, mungkin anda bisa membeli waralaba tour & travel yang memang sudah banyak bekerjasama dengan pihak maskapai penerbangan.

Langkah atau Cara membuka Usaha Travel Sendiri

  • Daftarkan Diri Anda Ke Travel Agent Yang Terpercaya, sebagai Mitra/Sub Agen/Distributor

Langkah pertama ini memang di khususkan bagi anda yang bermodal kecil hingga menengah, karena dengan mendaftarkan diri ke sebuah travel agent terpercaya anda sudah memiliki akses kesemua maskapai untuk mulai menjualkan tiket pesawat dan bisnis waralaba lainnya. Disebut waralaba karena memang bisnis ini masih memiliki sistem bagi hasil, apalagi jika anda masih ditahap mitra, maka keuntungan yang anda dapatkan saat transaksi akan dibagi dengan agen tempat anda mendaftar.

  • Buat nama Usaha agen Travel anda jika diijinkan oleh travel agent tempat anda mendaftar

Langkah kedua ini opsional, karena tak semua agent travel yang anda daftari memiliki syarat dan ketentuan yang sama. Nama dari sebuah bisnis yan anda jalani adalah mewakili bisnis yang anda jalankan selanjutnya, maka pelajari cara membuat nama dari usaha anda karena ini sangat penting.

  • Promosikan usaha travel anda secrara online dan offline

Langkah ketiga, setelah anda memiliki akses untuk pemesanan tiket dan memiliki nama usaha tentu hal selanjutnya adalah mempromosikan bisnis anda, baik melalui brosur, kartu nama, leaflet dll yang dapat meningkatkan jumlah transaksi maupun secara online melalui pembuatan blog atau website, promosi di semua sosial media ke grub dan ke rekan-rekan anda juga di haruskan.

  • Berikan layanan yang terbaik

Ketika mendapatkan pelanggan, anda harus memperlakukannya sebaik mungkin dan seramah mungkin, karena bisa jadi pelanggan tersebut yang akan membuka peluang pasar anda menjadi lebih luas. Jika dirasa perlu, anda bisa mempelajari cara memperlakukan costumer dengan baik yang banyak tersebar di internet, sehingga dalam melayani costumer anda bisa lebih santai, ramah dan tidak kaku.

  • Jalankan bisnisnya dan rebut peluangnya, nikmati setiap prosesnya

Dalam menjalankan sebuah bisnis pasti dipelukan usaha yang besar untuk tahap pengembangannya. Nah disini anda harus pandai-pandai dalam menciptakan momentum untuk pengembangan usaha anda, yakni dengan melakukan promosi wisata dan menawarkan paket wisata yang bisa anda tawarkan ke rekan-rekan anda yang memiliki peluang untuk menyewa paket wisata anda. Contohnya seperti sekolahan, kantor, dan kelompok-kelompok lain yang memungkinkan untuk mengadakan tour/wisata.

Dalam belajar bisnis travel memang perlu kelihaian dalam menggaet pelanggan dan tetap memberikan pelayanan terbaik yang bisa anda usahakan. Beberapa cara membuka usaha travel diatas harus anda praktekan agar usaha travel anda bisa sukses. Selamat berbisnis !

Leave a Reply