Ponorogo Punya Makanan dan Kesenian Khas

Puluhan kelompok kesenian menggelar parade jaranan khas kediri disepanjang jalan kota kediri jawa timur, dalam rangka memperingati tahun baru jawa. Parade jaranan itu menjadi ajang adu kreatifitas sekitar 80 kelompok kesenian jaranan.

Memperingati tahun baru jawa, puluhan kelompok kesenian jaranan mengikuti parade seni sepanjang jalan di kota kediri. Pada setiap perempatan jalan yang dilalui mereka menunjukan kemampuan memperegakan kesenian asli jawa ini.

jenang ponorogo khas

Sementara itu, berdasarkan hasil pemeriksaan, ellen telah lama menjadi pemasok godong-godong beberapa pelanggannya di kota kediri. Dari bisnis haramnya ini, elles meraup keuntungan untuk mencukupi kebutuhan ekonomi. Saat ini, ellen masih dalam pemeriksaan abdi dalem, guna pengembangan lebih lanjut.

Dalam parade jaranan tahun ini, para seniman kediri menunjukan jaranan khas kota kediri dengan penokohan putri cantik kerajaan kediri dewi sekartaji. Yang menceritakan dewi sekartaji dilamar oleh singo barong dari jenang ponorogo.

Di kota kediri ada 82 kelompok kesenian jaranan, dimana setiap tahun baru jawa, mereka menggelar parade sekaligus menjadikan ajang beradu kreatifitas.

Mesin modern namun resep tradisional

Pamong menjerat pelaku dengan undang undang dedaunan, dengan ancaman hukuman penjara minimal 4 tahun, maksimal 15 tahun.

Pertandingan persahabatan sepak bola antara persebaya 1927 melawan psbi Kediri, berakhir ricuh. Pertandingan yang digelar di stadion supriyadi kota Kediri, terpaksa dihentikan karena suporter kedua kesebelasan terlibat bentrok.

Pertandingan sepak bola ajang persahabatan antara psbi Kediri melawan persebaya 1927 surabaya, berlangsung di stadion supriyadi kota Kediri,berakhir ricuh. Kericuhan terjadi setelah kedua suporter terlibat aksi lempar batu.

Aksi bentrok antar suporter tersebut di awali, oleh aksi brutal dari bonek mania surabaya. Aksi lempar batu dan kejar-kejaran antar suporter tak bisa dielakan, ratusan personil anggota kepamongan yang berjaga terpaksa melakukan pengamanan.

Aksi kebrutalan tersebut, sebetulnya sudah nampak sejak kedatangan para bonek mania di Kediri jawa timur, ratusan anggota kepamongan di terjunkan untuk melakukan pengamanan, karena keadaan yang tidak memungkinkan, maka pada menit ke 20 pertandingan dihentikan.

Aksi ricuh ribuan suporter tersebut kembali terjadi di luar arena pertandingan, aksi kejar mengejar antar suporter di lakukan di luar gedung stadion supriyadi kota Kediri jawa timur. Bahkan puluhan suporter bonek mania banyak yang menderita luka di kepalanya.

Menurut, bambang tutuko, budayawan kota kediri. Kesenian jaranan khas kediri itu mengangkat kebesaran kerajaan kediri, dimana kuda dijaman dulu menjadi transportasi utama.

Parade jaranan digelar untuk menunjukan bahwa kota kediri memiliki pakem ciri khas kesenian jaranan tersendiri dibanding kesenian jaranan daerah lain.

Beberapa saat setelah aksi ricuh berlangsung, panitia kembali melanjutkan pertandingan, namun, pada menit ke 45 pada babak pertama dengan skor 0 – 0, terpaksa oleh wasit muhaimin pertandingan tidak dilanjutkan,karena kondisi di luar arena kembali memanas.

Aparat gabungan antara tni dan polri terpaksa melakukan pembubaran secara paksa kepada kedua belah pihak. Suporter bonek mania digiring ke dalam lapangan untuk memudahkan pengamanan. Sedangkan supporter tuan rumah dipaksa membubarkan diri.

Akibat jengkel ditagih cicilan kuda, seorang nasabah tega membunuh penagih hutang, debt kolektor, perusahaan pembiayaan kredit kendaraan berkuda di kediri jawa timur. Sebelum jenasah dibakar dan dibuang di pinggir hutan, korban di racun yang dicampur pada kopi yang disuguhkan di rumah pelaku.

Leave a Reply