Pembangunan Jembatan Pulau Balang Rampung 2018

Pembangunan Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan ditargetkan selesai pada 2018 mendatang. Sedangkan pembayaran kontraknya baru akan selesai pada akhir 2019.

Jembatan Pulau Balang Kalimantan Timur Rampung 2018

Jembatan yang melintasi Teluk Balikpapan ini direncanakan memiliki panjang 1750 meter. Pengerjaan segmen pertama pada proyek ini telah usai pada 2015 lalu dengna menggunakan dana APBD dari Provinsi Kalimantan Timur. Dimana pada segmen pertama ini yang dibangun adalah dua bentang pendek dengan menelan biaya 425 miliar.

Pada 2017 ini pembangunannya adalah bentang tengah yang diperkirakan akan memakan biaya hingga Rp 1,3 triliun. Jika pada segmen pertama pembangunan dibiayai dari APBD Provinsi Kalimantan Timur, maka pembangunan kali ini dibiayai oleh APBN.

Pembangunan Jembatan ini dimaksudkan untuk memajukan ekonomi di wilayah Kalimantan Timur. Selama ini kendaraan yang dari Samarinda atau Balikpapan jika ingin ke Kabupaten Penajam Paser Utara harus naik kapal feri yang memakan waktu hingga 1,5 jam. Dengan adanya jembatan ini diharapkan arus barang bisa lebih cepat sehingga perekonomian pun lebih maju.

Bupati PPU(Penajam Paser Utara), Yusran Aspar mengutarakan harapannya saat mengunjungi Jembatan ini beberapa saat lalu. Yusran Aspar berharap agar pembangunan Jembatan Pulau Balang ini dapat segera selesai sehingga bisa segera dimanfaatkan oleh masyrakat. Ia juga mengatakan komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara yang sangat mendukung pemerintah Kalimantan Timur serta Pemerintah Pusat dalam pembangunan Jembatan yang berada di wilayah Penajam Paser Utara ini.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalimantan Timur, Taufik Fauzi mengatakan bahwa proyek Jembatan akan selesai pada 2018 dan pembayaran kontraknya akan selesai pada 2019. Taufik Fauzi juga mengungkapkan bahwa skema pembayaran kontrak yang digunakan adalah dibayar mencicil dengan pola MYC dengan proyek pengerjaan tetap berlanjut meski proses pembayaran belum selesai. Dimana pelunasan baru akan dilakukan usai pembangunan Jembatan Pulau Balang benar-benar rampung dan bisa digunakan.

Jembatan Pulau Balang rencananya akan dirancang dengan kekuatan penuh kelas IIB, sehingga dapay menahan kendaraan berat seperti tronton.

Jual perumahan murah di Balikpapan dengan DP dan harga terjangkau. Kunjungi Griyakuindahselaras.com

Leave a Reply